Selasa, 08 Desember 2015

Cerita Aku Bersama HandBrake

Hallo, Hai, Eh ne aku mau cerita. Iya cerita pengalaman aku tentang Aplikasi Handbrake. Awalnya sie aku tuh lagi ikutan kuis yang diadakan di facebook. Tepatnya kuis dari teh kotak, jadi kuisnya itu kita para peserta kuis, ditantang untuk menyelesaikan tantangan tiap harinya. Tantangannya pun bermacam-macam, diantaranya ada yang suruh upload foto, bikin cerita dan paling-paling menguras tenaga yah ini ni upload video. Seru sih, bener-bener seru, seakan-akan tiap hari kita dituntut untuk berfikir cepat dan kreatif tentunya kawan, coz tiap harinya bakalan dipilih 3 pemenang tiap harinya. So pasti dong para pemenang tuh ya, yang memang bener-bener kreatif dalam menyelesaikan tantangan tiap harinya. hehehehe.

Jadi hari-hari pertama sih gak masalah, lancar jaya, namun meginjak hari ke 3, mulai deh bener-bener kepikiran, antara ngelanjutin tantangan atau berhenti. Namun karena aku tuh orangnya penasaran banget akan sesuatu hal, jadi aku bulatin tekat aku buat lanjut. Yah Saat itu di hari ketiga tantangan yang diberikan oleh tim teh kotak berupa upload video dengan melantunkan kata-kata yang sudah disiapin oleh teh kotak juga. Wah gimana yah caranya biar bisa bikin video yang aneh, setidaknya ga biasa-biasalah, hehehe. Yah akhirnya aku menemukan ide dan Alhamdulillah aku bisa menyelesaikan tuh video. Nah masalahnya video yang diupload Maximal 5 MB, waduh,,,duh,,,duh, udah berusaha bikin video, tingal upload malah gak bisa, aduhhh suruh mikir lagi nie. Yang saat itulah aku akhirnya berkenalan dengan aplikasi handbrake. yuhuhuhu..........

Ini cerita aku dengan handbrake, pertama aku berselancar dengan Pakde Google, wkwkwkkw. Yah selanjutnya aku trus dan trus ketemu dengan aplikasi yang TOP banget deh, yah handbrake, aplikasi yang sangat aku butuhkan, selain downloadnya mudah banget aplikasi untuk cut video juga excellent banget kawan. Bahkan untuk orang awan seperti aku aja mampu kok menggunakan aplikasi handbrake ini, hehehe. Sebenernya gak gitu juga kali, kalau sampai gak bisa yah kelewatan banget deh. Ok kawan langsung aja, nie secuil tentang aplikasi handbrake:


====== Apa itu Handbrake???

Yups sebelumnya sie aku juga sempet bertanya-tanya tentang aplikasi ini, setelah mempelajarinya dapat ditarik kesimpulan kalau handbrake itu sejenis aplikasi yang digunakan untuk memperkecil ukuran video, dan hampir semua format video (mp4, wmv, mkv dll) disediakan dalam aplikasi ini. Jadi kalian kan kalau pada buat video baik melaui HP maupun Camera seringkan merasa ukuran video yang kalian buat sangat besar, padahal video durasi cuma bentar. Yap itulah kejadian yang sebenarnya, oleh karena itu diperlukan aplikasi Handbrake ini. Kabar baiknya lagi kawan, kalian jangan khawatir dengan kualitas video setelah dicompres, karena hasilnya sangat memuaskan dengan ukuran yang lebih kecil dan video setelah di compres juga memiliki hasil seperti aslinya. So jangan lama-lama buat koleksi nie aplikasi di folder PC kalian kawan. Kabar baik yang kedua, aplikasi Handbrake ini merupakan aplikasi gratis, jadi kita gak usah beli, tinggal download trus bisa cap cus deh menikmati aplikasi ini. Seru dan asyik bukan? Ya pastinya.

       
Tampilan Awal (logo)  Aplikasi Handbrake






Pertama yang harus kalian lakukan:

  1. Download Aplikasi Handbrake ==== Sini
  2. Install di PC sesuai petunjuk
  3. Klik aplikasi Handbrake
  4. Klik Source (Pojok kiri atas), kemudian pilih Open file
  5. Pilih Video yang mau di kompres (Di file mana video kalian save)
  6. Klik Tab Video (Gunakan Codec H.264 (x264)
  7. Kemudian centang kotak kecil web optimized
  8. Pilih tujuan penyimpanan video setelah di kompres (pastikan file penyimpanan berbeda dari penyimpanan video sebelum kompres)
  9. Terakhir, klik star (diats sendiri yang berwarna hijau) tunggu sampai proses kompres selesai (biasanya saat proses kompres berlangsung tombol bewarna merah) dan saat tombol kembali bewarna hijau itu menandakan sudah selesai.
  10. Cek ukuran video dan bandingkan dengan video sebelumnya, maka ukuran akan berubah dan kualitas video juga akan sama seperti aslinya.
Oke selamat mencoba ya kawan, semoga berhasil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ME TIME DAN SECANGKIR KOPI KAPAL API

Kopi, siapa  yang tidak tahu apa itu kopi. Bahkan anak balita pun sudah tahu apa itu kopi, dari bau nya saja sudah bisa ditebak. Namun bany...