Jumat, 27 Maret 2015

Mengenal Buah Kurma

Sekilas Tentang Kurma

       Kurma yang dalam bahasa arab adalah Tamr Sedangkan dalam bahasa latin disebut Phoenix Dactylifera, tergolong ke dalam genus phoenix sehingga buahnya bisa dikonsumsi. Pohon kurma ini memiliki ukuran sedang dengan ketinggian mencpai sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal dan atau membentuk sejumlah rumpun pada batang. Daunnya sekitar 3-5 m, terdapat duri di setiap tangkai daun kurma.
       Buah kurma ini juga menjadi salah satu jenis makanan pokok di wilayah Timur Tengah sejak ribuah tahun silam. Pohon kurma menghasilkan buah, nah yang buahnya itu nantinya dinamakan sebagai buah kurma dan bisa dikonsumsi juga. Bentuk dari buah kurma itu sendiri kurang lebih lonjng-silinder dengan panjang sekitar 3-7 m, saat buah kurma muda warnanya merah cerah ke kuning kuningan terang (namun juga tergantung pada jenis pohon kurmanya, sehingga akan menghasilkan buah kurma yang berbeda pula, antara satu dengan lainnya).

Jenis-jenis buah kurma

       Buah kurma yang banyak kita lihat dan konsumsi ternyata memiliki berbagai macam jenis. Dari berbagai jenis tersebut buah kurma sebenarnya dapat digolongkan ke dalam tiga golongan utama, seperti Lunak, Semi kering dan Kering. Adapun Aneka Jenis Buah Kurma seperti gambar dibawah ini:











      
     Dari bebrbagai jenis macam buah kurma diatas, kita tentunya bisa memilih mana buah kurma yang sesuai dengan lidah kita untuk dikonsumsi selain itu sesuai dengan kantong kita juga pstinya, ntar cuma asal pengen tapi gak bisa beli, sayangkan tuh, hehehe.

Manfaat mengkonsumsi buah kurma

     Buah kurma selain enak untuk dionsumsi, buah kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, beberapa manfaat dari buah kurma yakni di dalam buah kurma terdapat kandungan Tanin yang tinggi dan di bidang kedokteran berfungsi sebagai daya pembersih dan astringent pada usus yang bermasalah , selain itu kurma bisa untuk mengurangi sakit tenggorokan,pilek, penyakit selesema bronkial dan juga meringankan demam. Tidak hanya buahnya yang juga baik untuk kesehatan, namun biji dari kurma juga diyakini dapat menjadi beberapa obat tradisional.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ME TIME DAN SECANGKIR KOPI KAPAL API

Kopi, siapa  yang tidak tahu apa itu kopi. Bahkan anak balita pun sudah tahu apa itu kopi, dari bau nya saja sudah bisa ditebak. Namun bany...